Perbedaan Sound Engineer Soundman dan System Engineer Orang-orang di masa kini sering menyalah artikan antara soundman, sound engineer, dan system engineer. Dan kali ini saya bersama gusti akan membahas perbedaan ketiganya.

A. Sound Engineer
Sound engineer lebih dikenal sebagai penata audio di industri rekaman walau ranahnya tidak hanya di studio rekaman. Sound engineer bertugas sebagai orang yang menentukan dimana speaker harus diletakkan, berapa jumlah watt yang diperlukan, pada ketinggian berapa speaker harus digantung agar optimal, dimana mic harus diletakkan, dan lain lain.

B. System Engineer
System engineer memiliki pekerjaan yang mirip dengan sound engineer, namun bedanya adalah system engineer adalah orang yang melakukan instalasi peralatan yang digunakan. Baik instalasi perkabelan, penataan input channel, hingga penataan instalasi kelistrikan yang sesuai.

C. Soundman
Soundman adalah orang yang mengoperasikan hasil pekerjaan dari Sound Engineer dan System Engineer. Soundman bertugas di belakang audio mixer untuk melakukan pencampuran signal audio dan melakukan pengaturan outboard equipment hingga di dapatkan suara yang baik dan sesuai di keluaran speaker.

Kesimpulannya adalah :
1. Sound engineer adalah “yang menata”
2. System engineer adalah “yang melakukan instalasi”
3. Soundman adalah “yang menjalankan semua perangkat”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *