Sound system adalah peralatan yang sangat penting dalam sebuah event, baik event kecil maupun besar. Namun, bagaimana jika sound system yang anda gunakan justru merusak acara yang anda buat? Penyebabnya, karena sound system tersebut rusak ataupun ketika digunakan dalam keadaan bermasalah.

Nah, penting juga nih rekan-rekan ProRent tahu tentang cara perawatan yang terbaik untuk sound system. Supaya sound system bisa awet sehingga meminimalisir dana untuk membelinya kembali. Bagaimana cara terbaik merawat sound system anda? Yuk baca dulu artikel dibawah ini

Merawat Sound System Peralatan Mic

Mic yang biasa kamu gunakan di setiap acara pesta, wedding atau event lainnya juga membutuhkan perawatan loh. Salah satunya yaitu janganlah menggunakan mic diruangan kedap udara. Karena hal ini akan mengganggu penyerapan suara ke mic sehingga mic akan mudah rusak. Selain itu, jangan juga gunakan mic dengan volume suara yang terlalu tinggi, karena akan menyebabkan kerusakan pada mic.

Cara Merawat Audio Mixer

Peralatan sound system Audio Mixer juga membutuhkan perawatan ya rekan-rekan ProRent. Akan tetapi perawatanya cukup mudah dan simple. Kalian cukup merawatnya dengan meletakan Audio Mixer ini di tempat yang kering. Jangan sampai terkena air atau didiamkan ditempat yang lembab terlalu lama. Hindari juga penyimpanan di tempat yang berdebu. Sebab, debu juga akan merusak mesin Audio mixer jika tidak dibersihkan dan didiamkan terus menerus.

Merawat Signal Dan Power Amplifier

Perawatanya hampir sama dengan perawatan Audio Mixer. Cukup diletakan ditempat yang kering dan hindari tempat yang lembab. Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan signal dan power amplifier dari debu yang menempel.

Merawat Speaker

Speaker rentan sekali dengan beberapa debu yang masuk ke lubang-lubang kecil speaker. Sehingga kalian harus rutin mengelap speaker supaya tetap terjaga kebersihanya. Jika memang kalian tidak akan menggunakan speaker dalam waktu yang cukup lama, usahakan untuk selalu menyalakan speaker paling tidak satu minggu sekali.

Merawat Kabel Sound System

Untuk merawat kabel sound system ini kalian hanya perlu menyimpan kabel di tempat yang tidak lembab. Karena kelembapan ditempat penyimpanan kabel akan mempengaruhi tumbuhnya jamur pada karet kabel. Jika kabel diletakkan ditempat yang terlalu lembab, karet pada kabel akan lebih mudah berjamur dan kondisi ini akan merusak kabel.

Kesimpulan:  Untuk merawat sound system, anda tidak membutuhkan dana yang begitu besar. Cukup membersihkanya secara rutin dan menyimpanya ditempat yang sesuai dengan suhu yang sesuai pula.

:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *